Presiden Jokowi Beri Perintah Menpora Soal Tragedi Kanjuruhan

Kanjuruhan
Kanjuruhan

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengaku sudah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait insiden tragedi Kanjuruhan usai Arema vs Persebaya, Sabtu (2/10).


“Saya diminta segera ke Malang untuk melihat dan situasi yang ada di sana dan kemudian ke rumah sakit juga melihat korban. Arahan Pak Presiden juga supaya saya bertakziah ke beberapa korban yang ada”

Menpora mengatakan akan segera ke Malang bersama dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memantau situasi terkini di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Kita akan ke sana langsung ke lapangan. Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolri dan Ketua PSSI untuk kita langsung ke lapangan, ke Malang,” ujar Amali.

Baca juga:  Ibu Kota RI Pindah: Diimpikan Bung Karno Diwujudkan Jokowi

Sesampainya di Malang, Menpora akan melihat situasi terkini bersama Kapolri untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Dia menyebut Kapolri ikut bersamanya karena kewenangan pengamanan ada di aparat kepolisian.

Amali mengatakan dirinya sudah meminta untuk dilakukan investigasi secara serius untuk mencari pihak yang bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan ini.

Diketahui hingga berita ini diturunkan total 130 orang meninggal, termasuk dua orang aparat kepolisian, dalam kerusuhan yang terjadi usai pertandingan Arema melawan Persebaya.

Pihak kepolisian menyebut korban tewas disebabkan oleh penumpukan massa akibat menghindari gas air mata yang membuat kekurangan oksigen hingga terinjak-injak.

Menpora mengaku kecewa dan terpukul atas kejadian ini. Padahal menurutnya, sepak bola tanah air sedang bergerak ke arah yang lebih baik.

Baca juga:  Jokowi Ungkap Sosok Ideal Presiden Penggantinya

“Di tengah sepak bola kita yang sekarang sudah mulai membaik, prestasi Timnas sudah mulai bagus. terakhir Kita Lawan yang peringkat jauh di atas kita masih bisa kita menang,” tutur Menpora.