Cara Mudah Membuat Kartu Keluarga secara Online, 2 Opsi Cetak KK di Mana Saja

Kartu Keluarga Online
Ilustrasi cara cetak Kartu Keluarga online secara mandiri

Membuat kartu keluarga secara online ternyata sangatlah mudah. Jadi, sebenernya kamu tak perlu lagi sibuk-sibuk ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Cukup online dengan laptop/ponsel, kartu keluarga (KK) bisa dicetak di rumah. Benarkah?

Membuat kartu keluarga secara online sebenarnya bukanlah hal baru. Kebijakan ini sudah sangat lama diberlakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Dirjend Dukcapil yang diteruskan ke Disdukcapil daerah.

Daerah dengan Kepala Disdukcapil yang melek teknologi informasi, langsung cepat menangkap instruksi ini. Sehingga, pelayanan administrasi kependudukan secara online, berjalan dengan lancar. Hal itu sudah pasti sangat mempermudah masyarakat. Misalnya saja untuk membuat kartu keluarga secara online.

Implementasi kebijakan oleh daerah yang inovatif, tentunya sangat memangkas birokrasi. Pasalnya, masyarakat sama sekali tidak perlu mengurus dokumen kependudukannya ke Disdukcapil. Hanya dengan jalur online, dokumen bisa dicetak di rumah. Terutama membuat kartu keluarga secara online.

Makanya, daerah yang memaksimalkan layanan online itu, kartu keluarga yang diterbitkannya menggunakan kertas yang mungkin masih asing bagi kebanyakan orang. Umumnya, kartu keluarga yang sudah sangat dikenal yaitu berwarna sediki biru muda.

Tidak hanya itu, kartu keluarga yang diurus secara online tanda tangan pejabatnya berupa barcode. Hal ini juga asing bagi kebanyakan orang. Namun, pada prinsipnya kartu keluarga tersebut memiliki fungsi dan legalitas setara dengan kartu keluarga yang dikenal sebelum adanya layanan online.

Tidak berpenjang lebar lagi, gopresiden.com akan mengulas secara lengkap tips membuat kartu keluarga secara online. 2 jalur alternatif dalam membuat kartu keluarga secara online. Yakni via situs Kemendagri dan situ-situs resmi Disdukcapil daerah. Berikut ulasannya:

Opsi 1: Membuat Kartu Keluarga Secara Online di Situs Kemendagri

Metode membuat kartu keluarga secara online ternyata bisa langsung lewat website Kemendagri. Tetapi, kamu mesti membuat akun terlebih dulu biar bisa membuat kartu keluarga secara online dan pengaktifannya. Kamu bisa mengambil aplikasi mobile di Playstore atau melalui Anjungan Dukcapil Mandiri.

Baca juga:  Izin Ditolak Satgas COVID-19, Milad Front Persaudaraan Islam Tetap Digelar

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk membuat kartu keluarga secara online di jalur Kemendagri:

  1. Membuka https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id;
  2. Kalau kamu belum mempunyai akun, selekasnya daftar terlebih dulu;
  3. Isi 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama komplet, kelamin, serta tempat dan tanggal lahir;
  4. Isi nomor ponsel kamu yang masih aktif buat tes akun;
  5. Tambahkan alamat email;
  6. Isi sandi dan tuliskan kode unik atau captcha;
  7. Masuk kembali  ke aplikasi;
  8. Tambahkan nomor ponsel, sandi, dan kode unik;
  9. Seusai masuk aplikasi, tentukan sarana pengurusan dokumen secara online;
  10. Isi permintaan membuat kartu keluarga secara online;
  11. Terakhir, unggah seluruh syarat yang dibutuhkan.

Bila sudah melalui tahapan tersebut, nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email, jika kartu keluargamu telah siap. Biasanya, kartu keluarga itu juga dikirim bermasamaan melalui surat elektronik (email) milikmu.

Opsi 2: Membuat Kartu Keluarga Secara Online di Situs Dukcapil Daerah

Metode membuat kartu keluarga secara online yang kedua yaitu melalui website Dukcapil daerah. Dominan, Dukcapil di daerah telah menyediakan layanan membuat kartu keluarga secara online. Bahkan ada yang lengkap, seperti mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, dan lainnya.

Layanan online Disdukcapil daerah tidak berupa website, tetapi ada yang sudah dikemas dalam bentuk aplikasi ponsel pintar, seperti Android dan iPhone.

Ketika mulai membuat KK online itu, kamu dapat mendapat PIN secara individu dari Dukcapil. PIN itu punya sifat rahasia dan masuk ke pemberitahuan hp atau e mail. Dan sama dengan layanan online kebanyakan, masyarakat diwajibkan mendaftar di website/aplikasi sebelum berurusan.

Untuk lebih jelasnya, berikut Tim gopresiden.com rangkum layanan online sejumlah Disdukcapil di daerah yang sudah sangat populer di Indonesia. Sebab, layanan-layanan online ini terbukti optimal dalam memangkas birokrasi dalam kepengurusan dokumen kependudukan.

  • Layanan Alpukat Betawi

Teristimewa bagi masyarakat DKI Jakarta, pemerintahan di sana telah menyiapkan program namanya Alpukat Betawi. Ditujukkan buat pembikinan sejumlah dokumen penting secara online. Untuk kamu yang mau membuat kartu keluarga secara online, bisa dilakukan di website ataupun aplikasi Alpukat Betawi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses https://alpukat-dukcapil.jakarta.go.id/ atau unduh aplikasi Alpukat Betawi di Playstore/Appstore;
  2. Melakukan pendaftaran di website atau aplikasi;
  3. Isi data diri dengan komplet;
  4. Login gunakan NIK dan sandi yang tercatat;
  5. Klik membuat kartu keluarga;
  6. Isi formulir;
  7. Upload dokumen yang diperlukan;
  8. Bila sudah, tentukan servis poin dan tanggal ambil dokumen;
  9. Tentukan permintaan agenda ambil;
  10. Kalau tidak ada perubahan, click YA;
  11. Klik gambar printer buat memperlihatkan surat permintaan ambil kartu keluarga baru.
Baca juga:  Moment Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Satu Mobil di Semarang-Solo

Setelah itu, kamu cukup menunggu pemberitahuan dari admin layanan Alpukat Betawi via email pribadimu, saat KK telah selesai dan siap diambil. Informasi lebih lengkap bisa hubungi call center Alpukat Betawi ke nomor: (021) 5662-400.

  • Layanan Pemuda Bandung

Sama halnya dengan Jakarta, Bandung pun miliki aplikasi buat pembikinan sejumlah dokumen penting secara online. Ya, namanya merupakan Pemutakhiran Data Kependudukan Mandiri (Pemuda). Berikut mekanismen membuat kartu keluarga secara online lewat layanan Pemuda Bandung:

  1. Unduh aplikasi Pemuda di Playstore/Appstore;
  2. Melakukan pendaftaran dengan isikan data diri;
  3. Login ke dalam aplikasi;
  4. Tentukan macam dokumen yang mau dibikin (di sini kartu keluarga);
  5. Upload dokumen syarat sesuai arah dalam aplikasi;

Jika sudah, kamu tinggal menunggu admin dari layanan Pemuda memberikan pemberitahuan. Nantinya, kamu dikirimi file PDF dari kartu keluarga milikmu yang bisa dicetak sendiri di mana saja. Info lebih lanjut hubungi call center ke nomor (022) 4218-695.

  • Si D’Nok Semarang

Metode membuat kartu keluarga secara online berikutnya yaitu untuk masyarakat Semarang. Ya, pemerintahan di sana juga telah miliki aplikasi sendiri yang dinamai Si D’Nok. Layanan kependudukan ini benar-benar menolong buat pembikinan sejumlah dokumen penting secara online. Buat pembikinan kartu keluarga, kamu bisa via website atau aplikasi. Berikut langkahnya:

  1. Akses situs https://sidnok.semarangkota.go.id/ atau unduh aplikasi Si D’Nok di Playstore;
  2. Melakukan pendaftaran dengan isikan data diri;
  3. Anda dapat mendapat sandi buat login lewat pesan WhatsApp;
  4. Login ke website atau aplikasi Si D’Nok;
  5. Tentukan pembikinan kartu keluarga;
  6. Upload dokumen yang dipersyaratkan;
Baca juga:  Kesan dan Harapan para Gubernur Untuk IKN Nusantara

Setelah itu, admin layanan Si D’Nok akan langsung memproses dokumen yang kamu input. Kalau tertolak, rata-rata ada data yang tidak sama. Kamu cukup ulangi pengisian hingga sampai dokumen diterima.

Sama dengan layanan membuat kartu keluarga secara online di Jakarta dan Bandung, kamu juga harus menunggu admin Si D’Nok memberitahukan, apabila kartu keluargamu rampung. Hubungi nomor layanan ke: (024) 6712-563.

  • Membuat Kartu Keluarga secara Online di Surabaya

Berdasarkan keterangan Disdukcapil Kota Surabaya di Twitter, metode membuat kartu keluarga secara online di Surabaya cukup mendatangi situs https://wargaklampid-dispendukcapil.surabaya.go.id/app. Situs ini lebih efektif apabila kamu akses via aplikasi.

Jadi, baiknya kamu unduh aplikasi Klampid New Generation (KNG) di PlayStore. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai membuat kartu keluarga secara online. Berikut tahapannya:

  1. Register akun Klampid kamu dengan klik Daftar;
  2. Tambahkan data sesuai identitas dan masukkan sandi;
  3. Login akun Klampid dengan username dan sandi yang kamu buat;
  4. Tes akun, lalu pilih menu Cetak Kartu Keluarga.
  5. Baca ketetapan dan syarat, selanjutnya klik “Ya, Saya Paham dan Meneruskan”;
  6. Berikutnya tambahkan NIK dan nomor ponselmu;
  7. Lalu upload dokumen syarat maksimum 2 MB;
  8. Kamu dapat terima E-KITIR menjadi bukti permintaan.

Jika sudah, kamu tinggi menunggu pemberitahuan dari admin terkait proses pembuatan kartu keluarga Online tersebut. Biasanya, proses berlangsung cukup cepat. Namun, semua bergantung pada kepadatan permohonan dari masyarakat.

Itulah sedikit petunjuk membuat kartu keluarga secara online. Sebenarnya, masih banyak contoh layanan daerah lainnya. Namun, akan sangat panjang jika dijelaskan satu per satu. Kamu cukup kunjungi Disdukcapil di daerahmu untuk memperoleh informasi tentang layanan online di Disdukcapil daerahmu tersebut.